Kamis, 26 Maret 2020

Petunjuk Teknis Penyusunan Usulan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN


a.       Usulan PSP ke Pengguna Barang
Ketentuan BMN berupa:
1.       Selain tanah dan bangunan
2.       Harga perolehan BMN s.d 100 juta/unit
3.       Tidak memiliki bukti kepemilikan
Dokumen usulan:
1.       Surat usulan PSP BMN ttd KPB
2.       Daftrar BMN yang diusulkan untuk di PSP ttd KPB
3.       Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) ttd KBP diatas Materai
4.       Surat Pernyataan kebenaran fotokopy BAST/bukti perolehan
5.       Fotokopi BAST/Bukti Perolehan

b.      Usulan PSP ke Pengelola Barang
Ketentuan BMN berupa:
1.       Tanah dan Bangunan
2.       BMN selain tanah dan bangunan yang memiliki bukti kepemilikan
3.       BMN selain tanah dan bangunan dengan harga perolehan diatas Rp100 juta per unit.

Dokumen usulan:
1.       Surat usulan PSP BMN ttd KPB
2.       Daftrar BMN yang diusulkan untuk di PSP ttd KPB
3.       Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) ttd KBP diatas Materai
4.       Surat Pernyataan kebenaran fotokopy BAST/bukti perolehan
5.       Fotokopi BAST/Bukti Perolehan
6.       Fotokopi bukti kepemilikan (Kendaraan)
7.       KIB dan surat pernyataan tidak memiliki IMB jika belum memiliki IMB (Gedung Bangunan)

Tahapan penyusunan secara sederhana sebagai berikut:
1.       Persiapan
a.       Tentukan periode perolehan BMN yang akan diusulkan misalnya Semester II tahun 2019 (pengajuan persemester dimaksudkan untuk mempermudah penelusuran BMN yang sudah dan yang harus diajukan PSP selanjutnya)
b.      Siapkan Aplikasi SIMAK BMN kemudian restore backup SIMAK BMN Satker terupdate
c.       Tarik data daftar transaksi BMN Semester II tahun 2019 (untuk menentukan BMN apa saja yang diperoleh selama periode tersebut baik dari pembelian, transfer masuk, hibah dll serta untuk menjadi patokan total nilai perolehan agar tidak keliru saat penyajian harga perolehan di daftar BMN yang diusulkan)
d.      Prin ke file PDF history dari masing-masing BMN yang diperoleh selama periode tersebut (untuk mengisi tabel BMN mencakup Kode Barang, Nama Barang, NUP, Tahun Perolehan, Nilai Perolehan dan Nilai Buku.
2.       Pelaksanaan
a.       Siapkan tabel daftar BMN dalam excel mencakup sekurang-kurangnya sebagai berikut: Kode Barang, Nama Barang, NUP, Merk/Tipe barang, tahun perolehan, jumlah barang, nilai perolehan dan nilai buku
b.      Lengkapi tabel daftar BMN dengan mengisikan data barang yang diperoleh diperiode Semester II tahun 2019 berdasarkan daftar transaksi BMN dan history masing-masing BMN
c.       Cocokan total unit dan total nilai perolehan pada tabel dengan perolehan di daftar transaksi
d.      Menyiapkan Surat Usulan PSP beserta lampiran kelengkapan dokumen yang lainnya
e.      Tandatangani dan cap yang diperlukan
f.        Cek kelengkapan sebelum dikirim
g.       Kirim ke Pengguna Barang/Pengelola Barang

3.       Tindak Lanjut
Setelah SK PSP terbit maka dilakukan penginputan SK PSP dan rincian BMN di menu Wasdal pada Aplikasi SIMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar